Tutorial sablon manual untuk pemula

Belajar sablon manual untuk pemula.

Halo..

Jika kamu adalah pemuda/pemudi keren yang penasaran bagaimana itu proses sablon.. maka teruskan baca posting ini. Asal kamu ketahui, proses sablon/menyablon tidaklah sulit seperti yang monyet bayangkan. GAMPANG BROO..! yang kamu butuhkan adalah sabar dan telaten.. “lha alat alatnya..!?” ya kamu bisa beli atau pinjem temen yang jadi tukang sablon buat belajar.. kalo boleeeh..

Nah ini beberapa alat dan bahan sablon yang wajib kamu beli/pinjem untuk belajar Nyablon.. :

  • Bingkai screen
  • Obat afdruk/film sablon
  • Tinta sablon
  • Rakel
  • Water Spry gun ( semprotan air )
  • Mika bekas kartu perdana
  • Lampu+meja kaca untuk penyinaran atau matahari

OK.. siap..

  1. Pastikan screen sablon dalam keadaan bersih, jika sudah diyakini bersih, baru lapisi dengan obat afdruk dan tunggu hingga kering tapi jangan dijemur haha. Jika kamu pingin cepet kering, pinjem hairdryer pacar ato ibu kamu nah.. keringkan pake hairdryer…
  2. Setelah itu.. siapkan designya. Ingat design harus diusahakan di kertas transparan dengan hasil print yang lumayan hitam.. agar maximal prosesnya. Umumnya design di print di kertas karkil ato dipotokopi di transparansi, tapi kalo ga ada… print aja di kertas biasa lalu olesi dengan minyak goreng merk sembarang sehingga terlihat semi transparan .
  3. meja sablonsetelah terpasang saatnya menyalakan lampunya. jangan lupa siapkan timer. untuk penyinaran dgn lampu 40 w tornado, waktu yang dibutuhkan sekitar 2,5 menit. sering uji coba agar bisa ketemu waktu yg benar pas untuk lampu kamu.
  4. Jika sudah 2,5 menit, matikan lampu-angkat screen-siram air-semprot dengan sprygun pada bagian design. jangan keras keras..sabar aja..
  5. setelah terlihat design pada screen telah terbentuk sempurna.. maka keringkan.. daaannnn sekarang kamu telah berhasil membuat film sablon.. horeeee….
  6. sekarang tahap penyablonan.. tuangkan tinta pada screen yang sudah kering, letakkan screen diatas kaos/bidang uang akan disablon.. lalu gesut dengan rakel.. tinta jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental.. OK.
  7. selamat mencoba.

3 comments

Tinggalkan komentar